Rabu, 03 November 2010

Intisari QS. al-Maa'uun

"Berdustalah orang orang yang hanya menikmati sholat tetapi ia tidak membela anak-anak yatim dan tidak membantu fakir miskin."

Ayat alQuran Surah al-Maa'uun inilah yang mendasari K.H. Ahmad Dahlan tergerak hatinya untuk memelopori dibangunnya lembaga pendidikan untuk membantu anak-anak Bumi Putra dalam hal pendidikan dan pengajaran, membangun panti asuhan dan rumah sakit, untuk "si susah" dan "si miskin".

"lalu siapa yang akan meneruskan, jika saya wafat?" inilah mungkin yang terlintas di fikiran K.H. Ahmad Dahlan ketika itu, sehingga ia berfikir tentang suatu hal yang akan meneruskan perjuangan untuk kelangsungan amal usahanya. maka atas dukungan dan dorongan murid-murid pengajiannya K.H. Ahmad Dahlan mendirikan organisasi yang kemudian dikenal dengan nama MUHAMMADIYAH. sebuah organisasi Islam yang tidak pernah diimpikan menjadi besar pada saat ini, K.H. Ahmad Dahlan hanya berpikir untuk memajukan dalam hal pendidikan untuk rakyat kota Yogyakarta saja.namun siapa sangka? semuanya berjalan sesuai sunatullah. selalu ada jalan untuk kebaikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar